Beloved Reno boxing icon Mills Lane dies at age 85

NorthStar Gaming partners with Genius Sports to provide Ontario sports bettors with immersive betting experiences

Mills Lane, yang pertama kali terkenal sebagai petinju, kemudian menjadi wasit, jaksa wilayah Washoe dan hakim, meninggal Selasa pagi di Reno.

Lane berusia 85 tahun.

Putranya, Tommy Lane, mengatakan kepada RGJ bahwa Lane meninggal setelah dirawat di rumah sakit selama seminggu terakhir.

Lane menderita stroke 20 tahun lalu, pada April 2002.

“Dia mengalami penurunan yang signifikan dalam situasi keseluruhannya,” kata Tommy Lane. “Itu adalah kepergian yang cepat. Dia merasa nyaman dan dia dikelilingi oleh keluarganya.”

Keluarganya, istri Kaye dan putra Terry dan Tommy, ada bersamanya saat dia meninggal.

“Kamu tidak pernah tahu berapa lama dia punya. Kami merasa seperti kami sedang mempersiapkan ini selama ini, tetapi tidak ada yang namanya mempersiapkan ini, ”kata Tommy Lane.

Tommy Lane mengatakan mereka menghabiskan beberapa hari terakhir menonton beberapa film favorit ayahnya, termasuk “Somebody Up There Likes Me”, sebuah film yang dibintangi Paul Newman tentang Rocky Graziano, juga “The Godfather”, “On The Waterfront”, “Patton ” dan “Shane.”

Mereka juga menyaksikan pertarungan Lane dari kejuaraan tinju perguruan tinggi tahun 1960.

“Kami mengalami beberapa hari terakhir yang luar biasa bersamanya,” kata Tommy Lane. “Dia sedang sarapan. Kami memberinya Dairy Queen.”

Tommy Lane mengatakan tidak ada upacara pemakaman yang direncanakan, tetapi keluarga mungkin mengadakan peringatan di kemudian hari.

“Dia benci pemakaman,” kata Tommy Lane. “Kami mungkin melakukan semacam pengiriman, perayaan di bar, atau semacamnya, tapi bukan pemakaman tradisional.”

Mantan jaksa wilayah Washoe County Dick Gammick mengatakan Lane adalah mentornya, dan mengatakan Lane seperti saudara baginya.

Lane benci hidup dengan efek stroke, termasuk berjuang untuk berbicara, kata Gammick.

“Hal terburuk di dunia yang bisa terjadi pada Mills adalah kehilangan kemampuannya untuk berbicara,” kata Gammick. “Reno berutang padanya karena dia melakukan banyak hal untuk Reno.”

Dia mengatakan Lane membantu banyak anak di seluruh komunitas.

Mike Martino, pelatih klub tinju Nevada dan mantan presiden USA Boxing, melihat Lane sehari sebelum dia meninggal.

“Kami sangat terpukul 20 tahun lalu,” kata Martino. “Sepertinya kami mendapat delapan hitungan, dalam terminologi tinju, ketika kami mendengar dia terkena stroke. Dia adalah Nevada. Dia adalah Reno.”

Martino ingat bagaimana Lane akan berlari setiap pagi dengan keringat abu-abunya, lalu menabrak tas berat di garasinya selama tiga putaran sebelum menuju ke gedung pengadilan.

“Keluarganya sangat mencintai pria itu dan melindunginya,” kata Martino.

Keith Lee bekerja di kantor kejaksaan Washoe County dengan Lane pada awal 1970-an.

Dia ingat bahwa Lane akan selalu membawa pistol, dan pernah menghentikan perampok pom bensin dengan menahannya di bawah todongan senjata sampai polisi tiba.

“Dia pria yang sangat tulus,” kata Lee. “Dia adalah salah satu orang baik. Bekerja keras, adalah pelayan publik yang hebat. Mencintai pekerjaannya. Senang menjadi jaksa wilayah. Senang menjadi wasit. Benar-benar ikon di komunitas kami dalam banyak hal.”

Mantan direktur eksekutif Komisi Atletik Nevada Marc Ratner mengatakan Lane adalah salah satu wasit tinju terbaik di dunia.

“Saya sangat diberkati memilikinya, untuk dapat memberinya beberapa laga besar,” kata Ratner. “Kredit yang bagus untuk olahraga ini. Hanya manusia yang luar biasa.

Jay Nady mengenal Lane sejak mereka kuliah di UNR.

Dia mengatakan Lane membujuknya untuk menjadi wasit tinju. Nady ingat bahwa Lane akan mengenakan tali emas kecil di lehernya dan pernah memberikan pidato kampanye ke Aula Veteran, mengatakan, “Pilih saya, saya akan menggantung mereka.”

Nady, yang menjalankan kampanye pemilihan Lane ketika dia mencalonkan diri sebagai jaksa wilayah, mengatakan dia memperkenalkan Lane kepada istrinya Kaye.

“Dia pria yang tangguh untuk diajak bergaul, tapi dia adalah sahabatku. Kami saling mencintai, ”kata Nady. “Dia hanya pria yang baik. Tinju hampir tidak sebagus tanpa dia. Saya pikir dia lebih bahagia sekarang daripada dia sebelum dia meninggal. Dia tidak suka menjadi pria yang membutuhkan bantuan. Itu di bawahnya untuk meminta bantuan.

Mantan Gubernur Nevada dan Senator AS Richard Bryan mengenang bagaimana Lane adil dan tidak memihak serta tidak membiarkan politik mengaburkan pendapatnya.

Dia mengatakan Lane terlibat dalam tinju ketika profilnya jauh lebih tinggi dan banyak pertarungan besar diadakan di Nevada saat Lane menjadi wasit.

“Apakah orang menyukai tinju atau tidak, itu adalah tempat yang dituju. Dan, tentu saja, itu adalah pertunjukan yang hebat dan Mills menjadi bagian dari pertunjukan itu, ”kata Bryan. “Mills tidak kenal takut dan apa yang benar, itu benar.”

Dia mengatakan Lane adalah orang yang tidak masuk akal.

“Tidak ada lapisan gula. Dia meletakkannya, ”kata Bryan. “Dan saya pikir itu adalah bagian dari daya tariknya.”

Jaksa distrik Washoe County, Chris Hicks mengeluarkan siaran pers atas kematian Lane: “Selain statusnya yang legendaris di dunia tinju, Mills B. Lane adalah pilar keadilan di Washoe County. Dia adalah Jaksa Wilayah berdedikasi tanpa basa-basi yang mengutamakan korban kejahatan dan keselamatan publik. Keluarga saya dan saya, serta seluruh Kantor Kejaksaan Negeri Washoe, berduka atas kehilangannya. Semoga ia beristirahat dalam damai.”

Lane bergabung dengan Korps Marinir AS pada tahun 1956 dan menjadi seorang petinju. Saat ditempatkan di Okinawa, dia menjadi juara kelas welter All Far-East.

Di Nevada pada tahun 1960, ia memenangkan gelar kelas welter NCAA dan nyaris tidak masuk tim Olimpiade. Dia menjadi profesional saat masih kuliah dan mengumpulkan rekor 10-1.

Lane lulus dari University of Nevada, Reno pada tahun 1963 dengan gelar di bidang administrasi bisnis. Selama di sana, ia memulai karirnya sebagai wasit tinju. Dia lulus dari Fakultas Hukum Universitas Utah pada tahun 1970.

Lane mulai bekerja di kantor Kejaksaan Negeri Washoe sebagai jaksa pada tahun 1971 dan menghabiskan hampir 17 tahun di sana. Dia terpilih sebagai jaksa distrik Washoe County pada tahun 1982. Dia menjadi hakim Pengadilan Distrik Peradilan Kedua Washoe County pada tahun 1990. Pada tahun 1998, dia mengundurkan diri dari bangku untuk memulai seri ruang sidang, “Judge Mills Lane,” yang berlangsung selama tiga tahun. bertahun-tahun.

Lane menjadi wasit pertandingan tinju di tahun 70-an, 80-an, dan 90-an. Dia menjadi terkenal karena frasa pra-pertarungannya, “Ayo mulai.” Dia adalah wasit di lebih dari 100 pertarungan kejuaraan dunia. Dia juga menjadi wasit dalam banyak pertarungan yang kurang penting karena kecintaannya pada olahraga dan rasa hormatnya pada para petarung.

Lane menjadi nama rumah tangga di Amerika Serikat pada 28 Juni 1997, pada malam dia menjadi wasit “The Bite Fight”, pertandingan ulang antara juara dunia kelas berat Evander Holyfield dan penantang Mike Tyson di MGM Grand di Las Vegas. Tyson dua kali menggigit telinga Holyfield di babak awal, dan Lane mendiskualifikasi dia.

Kota Reno menghormatinya pada 27 Desember 2004, memproklamasikannya sebagai “Mills Lane Day”. Pada Mei 2006, gedung administrasi peradilan baru di pusat kota Reno dinamai menurut namanya. Bangunan itu menampung Pengadilan Kota Reno dan kantor kejaksaan Washoe County.